Ferasusanti Spd

Guru bahasa Inggris MTsN 3 Pasaman Barat, Sumatera Barat...

Selengkapnya

Ketika Anak Punya Banyak Uang

Hari raya anak anak terutama SMA ke bawah akan punya banyak uang. Uang salam tempel, tehaer, uang hasil "manambang" hasil dari pemberian sanak saudara.

Dari kakek nenek dapat 50.000. Pergi berhari raya ke rumah oom Tante, paman bibi, bapak ibu, sepupu, dapat 20.000, 10.000, minimal 5000. Silaturahmi ke rumah siapa saja yang terbuka pintunya walaupun tak kenal biasanya anak-anak akan tetap dapat uang minimal 2000.

Jadilah hari raya hari bahagia anak. Punya banyak uang. Uang kertas baru yang masih harum wangi berderak-derak. Para anak akan menyimpan dalam dompet dan tas baru pula.

Lalu uang hari raya itu untuk apa? Sebagian orang tua mengambil alih uang anak dengan tujuan menyimpan atau menabung uang itu untuk keperluan sekolah anak. Beli seragam baru, sepatu baru, tas baru, buku baru. Hari raya tahun ini berdekatan dengan tahun ajaran baru.

Sebagian orang tua lagi membiarkan anak menyimpan uang mereka sendiri. Membiarkan anak-anak untuk menikmati uang hari raya mereka. Jadilah anak-anak bergembira ria. Membelanjakan uang sesuka hati mereka. Jajan ini itu. Bakso, sate, martabak, pizza, apalah yang mereka inginkan. Puas selera. Beli apa apalah yang kadang tak berguna seperti mainan, mobil-mobilan, boneka bahkan pistol mainan segala.

Ada baiknya orang tua tetap mengarahkan penggunaan uang hari raya anak. Agar anak tetap belajar tentang uang dan azaz manfaat. Agar mereka tak berfoya-foya. Begitulah anak menikmati masa kecil.

Kalau saya pribadi, sebagian uang raya anak-anak saya simpan di tabungan mereka. Sebagian lain saya persilahkan anak untuk membelanjakan sesuai kebutuhan. Biasa seminggu setelah hari raya yang mereka akan habis dan uang jajan harian akan kembali mereka nikmati dari ayah bunda

Barakallah

Pasaman Barat, 12 Juni 2019

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Komentar

Dicentelke barang bun. Beli peralatan sepak bola. OK...

12 Jun
Balas

Gak ada yang minat bola pak hehe. Terima kasih kunjungannya pak

13 Jun

Bahagianya anak anak, sebagai apresiasi puasa mereka jua. Sukses selalu dan barakallahu fiik

13 Jun
Balas

Iya Bunda reward atau apresiasi tuk mereka. Terima kasih

13 Jun

Ikut senang rasanya...Miziz Fera...

13 Jun
Balas

Alhamdulillah Bunda Rini. Salam tuk kakak cantik dan. Terima kasih

13 Jun

Bergabung bersama komunitas Guru Menulis terbesar di Indonesia!

Menulis artikel, berkomentar, follow user hingga menerbitkan buku

Mendaftar Masuk     Lain Kali